Minggu, 20 Desember 2015

Cerita Magang di Taman Nasional Berbak

Yupsss, persis dengan si judul, gue lagi rindu magang.
entah itu suasana magangnya, orang-orangnya kalau kita lagi ngumpul, kegiatan-kegiatan waktu magang, tempat-tempat yang pernah kita kunjungi waktu magang, ahhh pokoknya kangenlah sama semuanya.

Nih, gue ceritain yah dari awal sampe akhir gue magang :D


pertama mari kenalan dulu dengan item-item selama magang , hahaha

Lokasi magang di Taman Nasional Berbak, Provinsi Jambi
Tim Magang , ada Basuki dan Dedi, kedua-duanya sama-sama di tuakan dan dipilih jadi ketua Tim Magang, tapi mereka punya perannya sendiri-sendiri. anggotanya Renol, doi junior kita yang punya dunia sendiri, paling suka ngomong sendiri, karena menurut doi orang yang suka ngomong sama dirinya sendiri termasuk anak yang cerdas, kalau buat ngidupin genset, baikin gas, dan yang berat-beratlah, biasanya anak magang suka minta tolongnya sama doi, ada lagi si nyai Monic tiada guna, karena menurut basuki , monic itu ga bisa apa-apa, padahal kalau dimintai ngerapiin apapun, uhhhh pasti rapih bersih dan tuntas. ada lagi si  Caje yang suka berantem sama basuki tapi kemana-mana selalu berdua, dan juga kalau udah masak ga mau di ganggu, sering banget berantem cuma karena doi ngak bersahabat dengan micin. nih ada lagi si Cabe Boyen, cewek yang keliatan pendiam ini hanyalah kedok belaka, doi merupakan otak-otak kriminal selama magang, paling laku juga selama magang, namun prospeknya semakin menurun setiap kali kita ganti wilayah kerja magang, ada lagi si bungsu pina, sometimes bisa manja banget, sometimes bisa kita yang takut sama doi, frustasi banget ketika harddisknya rusak, doi sampe manjat pohon buat nenangin diri, dan harddisknya tetap aja rusak, eniwei si bungsu ini satu-satunya cewek yang bisa naik motor trill loh.



Okehh, pertama kali gue masuk fase magang rasanya ngak karuan, karena di antara geng gue (geng kampus, ada Niki, Ayuk, Dika, Hendra, dan Mpeb) ini, cuma gue dan mpeb yang belum magang, selebihnya udah magang di semester sebelumnya. untuk semester 8 menuju 9 ini, al hasil cuma gue dan mpeb yang magang. gue dan mpeb milih lokasi magang yang sama karena berharap kita ditempatkan dilokasi yang sama, dan ternyata mpeb dapet di WKS dan gue dapet di TNB. dari sini gue ngerasa berat buat ngejalani magang, alsannya karena gue ngak satu tim sama mpeb, dan malah satu tim sama orang-orang yang gue ngak paham sama sekali sifat, sikap, apapun itu tentang mereka. alasan lainnya adalah gue dapat magang di Taman Nasional Berbak. dari yang gue denger-denger dan yang gue baca, rasanya sial banget gue magang disini, katanya tanah di taman nasional ini tanah gambut, hutan tnb ini habitat harimau dan beberapa satwa kunci lainnya, terus juga denger cerita, beberapa lokasi yang bakal gue tinggalin ada habitat buaya, dimana kalo pagi-pagi gue buka jendela gue bakal nemui buaya-buaya yang lagi ngangap karena kelaparan, ada lagi cerita mistisnya, di tambah, nanti ketika magang, gue bakal pindah dari wilayah ini ke wilayah itu, dan lain-lain hal yang hampir semuanya bikin gue ragu buat magang.


But!!!!.... you know what, setelah gue magang atau masih dalam proses magang, gue bahkan udah jatuh cinta banget dengan Taman Nasional Berbak ini. Tim gue yang solid banget, yang seru abis, yang  selalu ceria apapun yang terjadi, selalu aja bisa bikin ketawa, yang selalu rumpi ngak mutu, yang punya karakter mistis masing-masing, tim yang ngajarin gue dandan ala-ala, tim yang maksa gue buat jadi cewek yang sabar ngadepin 4 cabe dan 3 terong, tim yang akhirnya bikin gue jadi koki setengah jadi, pokoknya tim paling seteeronggg yang pernah ada!. i miss you gaes..

gue juga bahkan jatuh cinta banget dengan kegiatan-kegiatan, lokasi-lokasi kegiatan, dan pastinya pembimbing-pembimbing gue baik di lapangan atopun di kantor. kegiatan yang sama sekali belum pernah gue rasain, dari sok-sok ngecek lokasi kebakaran di Desa Cemara, sampe ikuttan ke lokasi yang masih ada api kebakaran di Desa Baku Tuo, Masuk ke hutan ke zona inti pula buat Survei Tapir dan Survei Anggrek, singgahbahkan nginjakin kaki di Simpang malaka yang katanya super angker kalau kita bermalam disana, naik pompong yang bisa didalamnya ada 8 orang lebih di tambah beberapa motor naik didalamnya , ini tuh pertama kalinya dan sampe-sampe selama magang gue udah biasa ngelakuin hal ini, tapi tetap setiap naik pompong gue teriak-teriak dulu, baru bisa tenang, terus juga masuk ke habitat harimau sumatra buat ngecek lokasi kebakaran dan ternyata 15 menit yang lalu harimau baru aja lewat di lokasi itu, dan kita buru-buru keluar lokasi, ditinggalin sama tetua-tetua di resort sungau rambut sampe jam set 12 malam, cuma ditemenin bang am, mana mati lampu gara-gara bensin gensetnya abis, and you know what, tempat ini adalah tempat angker yang paling sering diceritain, katanya kalau denger suara yang you know what i mean kita harus biasanya-biasa aja, jangan panik apalagi teriak-teriak, katanya juga disini biasa kalau tiba-tiba ngeliat yang ngak seharusnya kita liat, dan alhamdulillah, selama kita menghuni lokasi ini kita ngak pernah diganggu sama penghuni asli disana, well kita harus tau, kalau kita hidup di dunia ngak sendirian, ada mahluk lainnya yang juga menempati dimensi berbeda namun satu wilayah dengan kita, jangan suudzon aja, jangan juga sombong, jangan juga songong, jangan buat yang aneh-aneh deh, ehh tapi ada deh waktu itu, kita malah joget-joget nyanyi ketawa ga jelas di kamar, tapi untungnya ga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

apalagi yaaaa,,, ohh iya jalan sampe 6 kilometer masuk kedalam tahura buat mantau posko kebakaran, tapi bener dehh pemandangan menuju lokasi super awesome, kayak dipdang ilalang gitu, cantik deh pokoknya, terus berenang di sungai di resort simpang, duuhh dermaganya bikin adem,terus ada juga, kita ke lokasi sungai kapas, yang untung aja waktu itu musim kering, karena jalanannya bukan lagi, bikin pinggang retak seribu men. ohh iyaa, ada lagi nih, Jembatan AHL. waktu pertama kali gue tau jembatan ini, rasanya emosi dan kesal banget sama pemerintahan tanjabtim, soalnya jembatan ini udah ngak layak lagi, bolong dimana-mana, belum lagi sungai dibawahnya adalah sarang buaya men, kalau lewat disini beberapa kali kita ngeliat ada buaya lagi berjemur di pinggir sungai, bayangi kalau jembatan ini.. ahh syudahlah. tapi katanya waktu gue udah di jambi, jembatan ini diperbaiki, soalnya ada hajatan besar disana, Mandi Safar, jadi jalanan harus dibaikin biar pengunjung bisa nyaman buat melakukan perjalan ke Desa ini.

terus juga orang-orang taman nasional berbak, dari Kepala SPTN dan staff di setiap SPTN yang kayak oom sendiri, abang-abang banpolhut dan anak-anak manggala agni yang berasa kayak abang dan temen sendiri, masyarakat sekitar yang ramah dan baik-baik semua, ahhh pokoknya super homly banget, kayak berasa rumah sendiri disana,  kenal dengan orang-orang baru tapi super baik , ramah, dan bikin kayak keluarga sendiri.
pokoknya banyak deh, hal2 yang fisrt time buat gue, dan hal-hal yang menarik banget yang belum gue sempat ceritain disini, orang-orang yang ngak bisa gue sebutin  satu per satu, pokoknya awesome...
pengen balik lagi kesana, walaupun medannya lumayan bikin pinggang encok, tapi rinduuu. pokoknya begitulahhh...


Pengen bilang, makasih buat semua pihak TNB yang sudah memberikan kesempatan yang ngak akan keulang dua kali ini, yang super nyenengin padahal kita tau kita dalam tugas negara (ahh elah hahaha), buat bapak-bapak yang selalu ngasih santunan buat anak magang (hahahaha) baik sukarela ataupun kita mintain langsung (ahahah), abang-abang dan juga kak selvi yang udah nemenin kita kesana-kemari, bahkan nganterin kita dari resort yang ini ke resort yang itu, yang sedia banget kalo kita mintain pertolongan ini dan itu, yang sedia dibuat ribet sama kita selama magang,  yang kadang harus buatin makanan untuk kita karena kita malas masak, makasih juga buat sahabat gue, yang jauh-jauh dari kota jambi datang ke Suak kandis buat jenguk gue yang lagi magang cantikss hahaha, bawain semua pesanan gue dan bikin gue kenyang banget, ya ampuuunnn makasih ya gengsss :*. and Finally, thankyou so much untuk kurang lebih waktu 2 bulan itu ya Tim Magang, tengkyu udah mau memahami kelakuan-kelakuan gue, yang udah baik banget ngejagain gue, yang mau dan sedia banget direpotin, yang bikin gue ngerasa ngak asing sama kalian, yang bikin gue ngerasa nyaman dan betah sama kalian, I Miss You gaes!!

See you.....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar