Jumat, 08 Agustus 2014

Bersama SIJ, I'am feel so Life

Kau pasti pernah dengar dengan istilah, kira-kira seperti ini “jadilah sebaik-baiknya manusia, dan sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, atau mungkin sekitarnya, atau paling tidak yang berada didekatnya, dan lain-lainnya....”. berada diruang lingkup dan diantara orang-orang hebat ini, paling tidak membuat aku sedikit menjadi manusia yang baik, iya, di Sahabat Ilmu Jambi, aku punya banyak peluang untuk menjadi manusia bermanfaat itu, tapi mungkin memang caraku agak berbeda, dan mungkin kau juga tidak bisa melihat kebaikan itu secara langsung, karna memang caraku tersembunyi, atau aku lebih suka menyebutnya, hanya aku dan tuhan yang tau (hahaha).
Kau perlu tau, Sahabat Ilmu Jambi adalah komunitas pertama yang aku ikuti, dan ini adalah “the one and only” , dan itu terus berlanjut hingga sekarang, dan jika kau tanya tentang apa yang membuatku tetap bertahan disinilah adalah karna “aku hanya cukup percaya” , entah percaya pada apapun itu, misalnya, 1. Aku hanya cukup percaya, bahwa pendampingan minggu depan tidak akan seburuk hari ini. Atau, 2. Aku hanya cukup percaya, bahwa adik di panti asuhan ini benar mengharapkan kehadiran kami disini, karna mereka pernah bilang padaku kira-kira seperti ini “kak, jangan baleklah, main be lagi disini” , atau “yahh kak, masak sudah, belajarlah lagi kito”.... dan ungkapan lainnya yang berarti sama sudah beberapa kali aku temui, iya, aku cukup percaya, bahwa mereka bahagia dengan kehadiran kami, saat itu. Dan, 3. Aku hanya cukup percaya, bahwa aku diterima dengan baik disini, dikomunitas ini. Walau aku jarang memberi masukan secara lantang diforum saat rapat, walau aku agak lemot mencerna ide-ide relawan lain, walau aku tidak cukup serius saat di forum, atau saat aku melalaikan tugas-tugas ku di Sahabat Ilmu Jambi, iya, aku hanya cukup percaya dengan segala kekuranganku, mereka (relawan sahabat ilmu jambi) tetap menganggap aku ada.
Bukankah, menyenangkan kau punya satu hari yang merepotkan disetiap minggu, tapi membuatmu lebih hidup, dari pada hanya bersantai dirumah yang bisa kau lakukan kapanpun kau mau, tapi kau takkan punya waktu yang lebih berarti untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

------------- The Ra(ndom)Ra---------------
Hi kenalin, nama ane rara, salah satu relawan sij yang sangat brpengaruh di SIJ (APAAAAAAAA???) oke, lo ngak harus percaya soal ini, jadi lupain aja, karna ini bukan pencemaran nama baik, jadi please jangan adukan ini ke kepolisian, karna gue ngak mau berurusan dengan pasal-pasal, karna, jangankan hukum yang diatur pemerintah, hukum rimba aja gue udah kalah duluan, misalnya buat dapetin dia ~ (YAHHHH ELAAAHH).
Oke, gue bergabung di SIJ sejak SIJ baru berusia beberapa bulan, masih unyu-unyu nyaa, masih seger-segernya, dan saat itu gue masih jadi manusia keren (ENTAH APA DEFINISI KEREN SAAT ITU). Nah sekarang SIJ udah berumur 3 tahun,, waw cetar membahana badai banget kan??? Seumuran ngak ya sama kelahiran keartisannya syahrini cetar itu??? Kalo iya, berarti kita kalah saing sama dia ~~~~
Well, sebenarnya awal masuk SIJ itu menggebunya bukan main, plus super deg-degan, karna SIJ adalah komunitas pertama yang gue ikuti, dan percayalah gue ngak pernah ngikutin komunitas lain, itu tanda gue konsisten di SIJ (PADAHAL NGAK ADA KOMUNITAS LAIN YANG MAU NERIMA DIA).
Gue bakal bongkar beberapa hal dari kehidupan gue di SIJ, setelah ngebaca ini, please jangan tanyakan KENAPA!!!!... dulu, di tahun pertama masuk SIJ, entah kenapa selalu mikir, “minggu depan gue mau keluar ah dari SIJ” . dulu, waktu rapat, kalo edisi ribut-ributtan, gue pasti ngikut, sekalinya ditanyain saran, ide, atau paling enggak kritik, Beeeeuhhhh, gue pasti yang paling diam. Dulu waktu pendampingan gue selalu takut kalo di tunjuk jadi PJ mingguan, sebenarnya bahkan sampai sekarang. Dulu, di SIJ gue Cuma mikir, “ya udahlah yaahhh, yang penting gue hadir ajaaaaaa..... kalo ga dateng ya alsannya inilah dan itulah...” cukup yaahh, ini beberapa hal yang bikin gue terpuruk kaku dan membisu kalo di pikir-pikir sekarang.
Mungkin cerita dulu itu adalah proses peralihan, ketika gue dari manusia normal menjadi manusia ga normal... setelah 3 tahun menjadi manusia ga normal ini, gue baru ngerasa, ada rasa betah untuk tetap berada disini, ada rasa nyaman untuk berdiri berdampingan dengan mereka yang punya impian hebat untuk memajukan negrinya, dengan begitu gue juga sedikit demi sedikit berupaya memperbaiki diri dan ikut berperan menjadi manusia yang berguna bagi sekitar. Percaya ga? Gue pernah jadi Volunteer Of The Year? Udah percaya aja, gue rasa itu efek ketika gue kejambretan, dan ketika Relawan sahabat ilmu jambi seketika pada menghilang, mau ga mau gue jadi pemenangnya, paling enggak gue bawa sertifikat ke rumah, terus gue tunjukkin ke orang tua gue, “mak, pa, anak mu ini jadi orang baek-baek di luar sana...”.
Selain itu, berkat SIJ gue pernah lulus, jadi satu-satunya perwakilan jambi untuk kesemarang di ajang (aduhhh lupa namaaanyaaaaaaaaaa, pokoknya itulah), paling enggak gue bisa kasih liat, anak yang lugu nan polos ini bisa pergi mencari wawasan lain di luar negrinya sepucuk jambi sembilan lurah ini... tapi sayang, gue ga bisa berangkat kesana, karna ada praktikum lapangan dari kampus gue, dan itu ga bisa di tinggal. Nah, ini baru sedikit pembuktian yang gue rasain, betapa Bahagianya gue punya kesempatan bergabung bersama SIJ. Kau tau?? Menjadi manusia yang tidak biasa atau gue lebih suka nyebutnya “abnormal” itu lebih keren, dari pada hanya mencerca diri sendiri seorang yang keren, padahal biasa ajah...
Selain dari semua cerita di atas, gue juga senang, ketika ngumpul bareng anak SIJ, mereka punya watak yang bedanya kebangetan, ada yang sangar tapi hatinya baik, ada yang pendiam tapi ide-idenya cemerlang, ada yang bawel tapi ternyata nerima ide dari orang lain (ternyata) ada yang punya ide-ide cemerlang, tapi orangnya agak ga jelas, dan ada orang-orang hebat yang mampu menebar ilmunya, dan membantu membuka cakrawala untuk anak-anak tipe-tipe gue ini...
So salam sahabat ilmu, Happy birthday SIJ yang ke 3 tahun. I wish you more awesome, and more isnpiratif and still be inspiration J
Love yaaahhh
J

1 komentar:

  1. gonta ganti terus blog ayuk ni :P
    kece tulisannya kakak ^_^ tapi kalau bisa backgroundnya jgn hitem soalnya jadi agak susah baca tulisannya sist.
    folback eaa qaqa

    BalasHapus